KENAPA HARUS DIGITAL MARKETING?

  PERLUNYA DIGITAL MARKETING

pics by studilmu.com

Halo, sobat dunia kampus.

Jika sebelumnya telah membahas wirausaha digital, maka selanjutnya adalah membahas mengenai digital marketing. Berwirausaha atau membuat suatu usaha pastilah ingin produk yang diciptakan bisa dikenal di pasaran. Oleh karena itu wirausaha erat kaitannya dengan marketing atau pemasaran. Dimana usaha mengembangkan wirausaha selain butuh kreatifitas dan inovasi, ada hal lainnya yang turut berperan besar di dalamnya yaitu pemasaran.

Terkait dengan pengembangan teknologi digital, dan perannya terhadap sektor ekonomi. Teknologi digital juga membawa perubahan terhadap teknik pemasaran. Sebelumnya, kita perlu memahami apa itu marketing atau pemasaran? Berasal dari kata market atau pasar, tentunya sudah terbayang jika marketing atau pemasaran adalah upaya atau teknik yang ditempuh agar produk atau jasa yang dipasarkan dapat menarik perhatian masyarakat. Singkatnya, jika kita sudah memahami apa itu pemasaran. Maka kita dapat mengetahui pula apa itu digital marketing. Marketing ini berkembang karena adanya perubahan dan tingginya intensitas penggunaan teknologi. Karena itu marketing kini terbagi menjadi dua diantaranya adalah offline dan online. Sehingga dapat kita tarik kesimpulannya bahwa digital marketing adalah proses atau teknik memasarkan produk atau jasa ke masyarakat secara online.

Kenapa harus menggunakan digital marketing? Pertama, kita harus pahami dahulu tujuannya. Yaitu apa tujuan dari adanya digital marketing. Ciri utama dari globalisasi adalah terbukanya jendela informasi dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, tujuan utama dari digital marketing ini berkaitan dengan globalisasi. Seorang pemilik usaha, tentunya ingin masyarakat yang mengetahui produk atau jasa miliknya semakin luas. Dengan hal itu, digital marketing bertujuan untuk menjangkau lebih luas pemahaman masyarakat terhadap suatu produk atau jasa dengan efektif dan efisien. Dikatakan dengan efektif dan efisien karena dengan memanfaatkan teknologi seperti internet, kita dapat mengetahui informasi dunia luar dengan cepat, luas, dan murah. Hanya perlu media sosial kita bisa menghemat biaya iklan atau brosur serta ongkos menyebarkannya ke banyak orang. Sehingga digital marketing ini berguna terhadap efisiensi suatu usaha.    

Jika poin pertama yaitu memahami tujuan dari digital marketing. Maka poin keduanya adalah pentingnya dari digital marketing. Digital marketing penting bagi pemasaran dimasa kini, karena: 

1.    Digital Marketing dapat Memberikan Arah yang Pasti untuk Perusahaan.

Dengan adanya digital marketing, juga membantu sebuah usaha untuk memiliki tujuan strategis. Tujuan ini berkaitan dengan apa yang ingin diraih dari pemanfaatan media online dalam sebuah pemasaran. Diantaranya terkait memperluas jaringan pelanggan yang pada akhirnya berkaitan dengan meningkatkan keuntungan usaha. Karena itu, digital marketing adalah bentuk dari pemanfaatan transformasi teknologi dalam menentukan tujuan strategis usaha.

2.    Membantu Memenangkan Persaingan Pasar.

Digital Marketing, memudahkan sebuah bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Pelanggan adalah kunci utama dari kelangsungan sebuah bisnis. Maka melalui digital marketing ini, pebisnis dapat melakukan komunikasi berupa apa yang sedang dibutuhkan para pelanggannya. Dengan kata lain, pemilik usaha akan mampu mengenali permintaan pasar dan menarik perhatian para pelanggannya. Sehingga persaingan dapat dimenangkan dengan bantuan digital marketing.

3.    Digital Marketing Membantu Menghemat Anggaran.

Dengan penerapan digital marketing dalam sebuah bisnis atau usaha, membuat penggunaan anggaran jadi lebih efisien dan tidak boros. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa digital marketing dalam segi keuangan dapat membuat pemasaran jadi lebih murah. Seperti menghemat biaya iklan di pamphlet, baliho, atau bahkan pembuatan lembaran-lembaran brosur.

4.    Digital Marketing Memperluas Jangkauan Bisnis.

Digital marketing membantu strategi pemasaran jadi lebih efektif. Hanya dengan beberapa platform online di media sosial, jangkauan orang-orang yang dapat melihat penawaran produk atau jasa tersebut bisa seluruh penjuru dunia. Dengan ini, semakin banyak orang yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Dan bisnis akan jadi lebih berkembang dan terkenal dibandingkan tidak menggunakan digital marketing.

5.    Digital Marketing Membantu Sebuah Bisnis jadi Lebih Dinamis.

Di era digital ini, perubahan terus terjadi dan pergerakannya sangat cepat. Oleh karena itu sebuat usaha atau bisnis harus bisa bergerak seiring perubahan tersebut agar tidak tertinggal oleh kompetitor lainnya. Dan dengan digital marketing, bisnis mampu membaca perubahan tersebut. Seperti yang kita bahas juga sebelumnya, bahwa digital marketing membantu bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi ini membantu bisnis merencanakan perubahan terkait apa yang sedang atau akan jadi permintaan pasar kedepannya.

            Setelah memahami tujuan dan pentingnya digital marketing, maka kita juga perlu mengetahui beberapa jenis teknik digital marketing. Dengan mengetahui jenis dari teknik digital marketing ini, baru kita bisa menentukan teknik seperti apakah yang paling cocok untuk usaha kita. Beberapa jenis dari teknik pemasaran secara digital, diantaranya adalah:

Search Engine Optimalization. 

Yaitu proses optimalisasi agar website yang dimiliki bisa lebih mudah ditemukan dalam search engine atau mesin pencari. Dengan hal ini, website kita juga dapat lebih banyak iklan tidak berbayar. Apabila iklan tersebut banyak, maka lebih memungkinkan sebuah website untuk muncul pada mesin pencari orang lain. Contoh SEO ini adalah website, blog, dan infografis.

Konten Marketing. 

Konten marketing ini adalah membuat isi dari promosi yang ingin dilakukan. Seperti penjelasan produk, manfaat, atau harga produk misalnya. Pada intinya adalah konten yang mampu membuat pembacanya dapat memahami produk atau jasa yang ditawarkan sebelum akhirnya tertarik untuk membeli. Berikut yang termasuk konten marketing adalah artikel, postingan blog, infografis, atau brosur online.

Sosial Media Marketing.

Diantara teknik pemasaran lainnya, mungkin teknik sosial media marketing adalah hal pertama yang jadi opsi bagi pemilik bisnis dalam memasarkan produknya secara digital. Yaitu meningkatkan pemahaman produk atau jasa pada para pelanggan dengan memanfaatkan media sosial. Beberapa media sosial yang umum digunakan untuk digital marketing adalah facebook, twitter, linkedIn, instagram, atau google+.

Pay-per-Klik (PPC).

Adalah metode pengarahan traffic ke website yang kita miliki dengan membayar setiap klik. Hal ini membantu website yang kita miliki untuk mendapatkan slot teratas dengan harga per klik. Media yang biasa digunakan jenis digital pemasaran ini diantaranya adalah google Adwords, Facebook Ads, twitter promosi oleh twitter, atau pesan sponsor oleh LinkedIn.

Affiliate Marketing.

Adalah teknik pemasaran digital berupa promosi penawaran atau layanan orang lain di website yang kita miliki. Beberapa media dalam teknik pemasaran digital ini yaitu hosting video ads dengan youtube, atau memasang link affiliate. 

Native Ads.

Native Ads lebih kepada iklan utama yang berisikan konten yang ditampilkan bersamaan dengan konten non berbayar lainnya. Contohnya adalah postingan yang disponsori.

Email Marketing.

Email marketing ini sarana berkomunikasi dengan pelanggan. Dimana dunia digital memudahkan kita mengetahui informasi pelanggan termasuk alamat email. Dengan media email, kita bisa mengirimkan pesan berupa konten, penawaran menarik seperti diskon, atau juga mengingatkan pelanggan untuk mengunjungi website yang kita miliki. Beberapa jenis email yang sering digunakan adalah email sapaan customer, promosi produk terkait pendaftaran member, atau tips yang serupa dengan pengasuhan konsumen.

            Setelah menetapkan jenis teknik pemasaran digital yang ingin digunakan. Kita juga perlu mempersiapkan konten yang akan kita posting. Dengan itu baru kita bisa memulai pemasaran dengan media digital. Dan jangan lupa juga setelah melakukan pemasaran digital, kita perlu mengevaluasi seberapa efektif penggunaannya dengan tujuan yang ingin diraih. Jika dirasa belum terlalu banyak menarik pelanggan, maka kita perlu menemukan dan merubah apa-apa saja yang masih perlu diperbaiki. Selain memiliki keuntungan, tentunya digital marketing memiliki tantangan tersendiri. Diantaranya adalah seperti menentukan teknik digital marketing dan jumlah kegiatan serta konten yang akan dikelola. Bukan hanya itu saja, kita juga perlu mempersiapkan kemampuan untuk mengelola atau kemampuan untuk meningkatkan pemanfaatan digital tersebut agar efektif dan efisien.

sumber:
https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting

https://elitemarketer.id/productivity/apa-itu-digital-marketing-2/

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer