Perlukah Wirausaha Digital?
Kenapa Harus Wirausaha Digital?
Pics by inc.com |
Halo Sobat dunia kampus,
Saat ini, teknologi telah berkembang pesat. Dimana separuh
atau lebih dari kegiatan di masa kini pasti bersentuhan langsung dengan
teknologi, yaitu secara digital. Begitupun dengan kegiatan ekonomi yang sudah
memasuki era revolusi industri 4.0. Diantara sektor kegiatan ekonomi yang ada,
seringnya kita akan membagi ke dalam industri besar dan industri kecil. Industri
besar diantaranya adalah pada level besar seperti PT. Sementara itu contoh
industri kecil yang sedang banyak pada masa ini diantaranya adalah UMKM.
Digitalisasi dalam kegiatan ekonomi membawa daya saing yang
lebih ketat. Oleh karena itu, baik industri besar maupun industri kecil kini
semuanya mengandalkan teknologi. Hal ini disebabkan oleh prospek yang
dihasilkan dari pemanfaatan teknologi itu sendiri. Dengan adanya digitalisasi,
tingkat efektif dan efisien dari sebuah proses usaha menjadi lebih tinggi. Semakin
tinggi tingkat efektif dan efisien yang ada, maka semakin besar juga kepuasan
pelanggan dapat tercapai. Mengapa tingkat efektif dan efisien ini dapat memengaruhi
kepuasan pelanggan? Seperti yang kita pahami bahwa tanda sebuah proses usaha
dikatakan efektif dan efiesien adalah kecepatan, ketepatan, hemat, dan juga
memiliki output yang sesuai standar. Dan dari semua itu, produk yang akan diterima
oleh pelanggan akan menjadi lebih cepat dan baik. Sehingga tercapailah kepuasan
pelanggan tersebut.
Dengan adanya kemudahan dalam proses usaha berkat
digitalisasi itu. Sudah banyak orang yang menjadi lebih berani untuk
berwirausaha secara digital (wirausaha digital). Apa itu wirausaha digital?
Wirausaha sendiri memiliki arti, seseorang dengan kreativitas dan inovasi yang
melakukan pengorganisasian, pengelolaan, dan keberanian dalam menghadapi segala
resiko untuk membuat sebuah kegiatan usaha baru. Sementara digital secara
singkat berarti memanfaatkan teknologi atau dengan teknologi. Jadi, wirausaha
digital adalah seseorang yang memiliki kreativitas serta inovasi kemudian
melakukan pengorganisasian, pengelolaan, dan keberanian dalam menghadapi segala
resiko untuk membuat sebuah kegiatan usaha baru yang memanfaatkan kebaikan
teknologi dalam usahanya. Atau singkatnya, wirausaha digital adalah sebuah
kegiatan usaha yang dalam proses usahanya memanfaatkan kebaikan teknologi.
Lalu, mengapa saat ini wirausaha dengan bantuan digital
menjadi penting. Karena digitalisasi wirausaha dapat memperoleh banyak manfaat
terkait efektif dan efisien yang sebelumnya dibahas. Manfaat tersebut bisa
menjadi sebuah strategi bisnis dalam proses wirausaha tersebut. Strategi bisnis
yang dimaksudkan disini adalah keunggulan kompetitif, omnichannel, big data,
cybersecurity, dan kapasitas digital. Keunggulan kompetitif ini berkaitan
dengan kepuasan pelanggan. Yaitu dengan adanya pelayanan next day. Dimana
melalui digital, proses ketika pemesanan diterima, produksi, kemudian akhirnya
dikirimkan dapat lebih cepat. Ketika produk yang dipesan datang dengan cepat,
maka kepuasan pelanggan juga semakin menigkat. Sementara omnichannel adalah
upaya untuk mempertemukan atau menghubungkan kegiatan usaha offline dengan
kegiatan usaha secara online. Maksudnya yaitu, ketika sebuah kegiatan wirausaha
berawal dari sebuah usaha offline dengan toko atau rumahan. Usaha tersebut bisa
berkembang melalui media digital, contohnya dengan mendorong usaha tersebut
memperluas jangkauannya lewat toko online (e-commerce).
Melalui toko online, kegiatan usaha tersebut secara tidak langsung sudah
membuka cabang baru namun dengan biaya yang lebih sedikit. Dengan kata lain,
usaha tersebut bisa bercabang tanpa harus membayar sebanyak uang sewa untuk
toko atau lainnya. Dari dua manfaat yang dijabarkan, wirausaha digital dapat
menambah keuntungan dengan adanya upaya peningkatan kepuasan pelanggan dan juga
dapat mengurangi beban sewa dengan pemanfaatan toko digital.
Digitalisasi juga tentu akrab dengan informasi, banyaknya
informasi yang bisa di akses dapat menjadi sebuah pertimbangan dalam
pengambilan keputusan bagi manajemen. Seperti hal nya big data, mampu menyerap
berbagai informasi transaksi yang didapat sebagai bahan evaluasi untuk
pengambilan keputusan terkait perbaikan suatu proses usaha di masa depan. Kemudian
cybersecurity, digital juga memiliki perlindungan bagi informasi penting yang dimiliki
sebuah usaha.
Dari pentingnya wirausaha dengan digital, akan muncul
peluang dan tantangan apa saja yang akan dihadapi ke depannya. Dinilai dari
peluang, dengan teknologi digital sebuah wirausaha dapat meningkatkan
pendapatan, terus berkembangnya produk dan layanan baru yang inovatif, serta
mendorong pertumbuhan ekonomi. Pendapatan meningkat dengan wirausaha digital,
dikarenakan oleh adanya peningkatan pada produktivitas. Produktivitas dapat
mengalir secara cepat tidak hanya karena penggunaan teknologi seperti mesin
tetapi juga karena manajemen bisa lebih efektif dan efisien karena adanya
digitalisasi. Munculnya teknologi yang terus berkembang seiring dengan
kebutuhan. Maka akan berkembang pula jenis produk dan layanan yang dihasilkan
oleh sebuah kegiatan wirausaha. Contohnya saja layanan ojek online pada saat
ini. Dimana layanan ini ada karena perkembangan teknologi digital. Kemudian
dari peningkatan pendapatan dan juga munculnya produk atau layanan baru. Dapat
mendorong jenis usaha yang terbuka sehingga akan ada pertumbuhan ekonomi.
Sementara dari segi tantangan, wirausaha digital membawa
pengaruh besar terhadap penyerapan sumber daya manusia. Wirausaha dengan
penggunaan teknologi mesin misalnya. Jika proses produksi yang biasanya
dijalankan oleh satu tim berisikan segerombol orang. Dengan adanya mesin ini,
bisa saja fungsinya tergantikan sehingga hanya memerlukan satu atau dua orang
untuk pengoperasian atau pengawasan kerja mesin tersebut. Akibat dari hal ini
adalah timbulnya kesenjangan. Bukan hanya kesenjangan yang timbul dari
meningkatnya pengangguran, tetapi juga kesenjangan antara sumber daya manusia
yang berkeahlian dengan sumber daya manusia yang tidak memiliki keahlian
(berpendidikan rendah). Kesenjangan tersebut karena meningkatnya kebutuhan akan
tenaga kerja ahli dibanding dengan tenaga kerja tidak ahli yang menurun.
Dengan adanya kemudahan dan manfaat digital, tidak semua
sebuah wirausaha yang berbasis digital tersebut akan sukses. Hal ini
dikarenakan perlunya kompetensi juga dalam pengelolaan dan pengoprasian
wirausaha digital. Apa saja kompentensi yang harus dimiliki jika ingin menjadi
wirausaha digital? Yang pertama adalah komunikasi, seorang wirausaha baik itu
dengan digital maupun tidak haruslah pandai dalam berkomunikasi. Wirausaha dituntut
untuk menyuarakan idenya berkali-kali, menyakinkan investor dan juga
mempromosikan produknya ke pelanggan. Semua itu dilakukan agar produk atau
jasanya bisa laku dipasaran. Kedua yaitu finansial, seorang wirausaha haruslah
pandai dalam pengendalian. Dalam hal ini, wirausaha harus mampu mengendalikan
keuangannya dengan baik. Terutama dalam pengendalian arus kas. Ketiga adalah
merk, dimana ini berkaitan dengan citra atau wajah yang dibangun oleh seorang
wirausaha. Sebuah merk dikatakan berhasil jika benar-benar melekat di hati
pelanggan, baik itu mengenai kualitas barang atau citra dari merk itu sendiri.
Keempat yaitu marketing, seorang wirausaha digital sudah seharusnya mampu
memanfaatkan dengan baik luasnya informasi yang tersebar dari sebuah digitalisasi
bagi pemasaran produknya. Kelima adalah networking, seorang wirausaha digital
juga harus mampu mencari relasi terkait perluasan jaringan produknya. Keenam
yaitu automation. Ketujuh adalah design, seorang wirausaha digital selain harus
mampu memanfaatkan dengan baik luasnya lingkup sebuah digitalisasi. Akan sangat
tidak berguna juga, apabila informasi atau pemasaran produk tersebut tidak
menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, wirausaha digital diharapkan juga
memiliki kemampuan design untuk mempercantik fungsi dan tampilan produknya.
Kedelapan yaitu analitis, maksudnya adalah seorang wirausaha digital yang sudah
mudah dan cepat memperoleh informasi terkait proses usahanya harus mampu
menganalisis dari informasi yang didapat tersebut. Analisis ini sangat berguna
terutama untuk mendeteksi tantangan apa yang akan dihadapi seorang wirausaha
digital di masa depan. Kesembilan adalah technical, yaitu seorang wirausaha
digital tidak harus dituntut untuk memahami keseluruhan tentang pemrograman.
Namun setidaknya, seorang wirausaha digital mampu memahami algoritma dan cara
berpikir terstruktur yang dapat berguna dalam pemikiran logis bagi pemecahan
masalah yang sangat kompleks sekalipun.Kesepuluh yaitu learning, seorang
wirausaha digital sebaiknya mau untuk terus belajar baik dari pengalaman nyata
atau dari pengetahuan fisik maupun non fisik (online learning).
waahh terima kasih informasinya
BalasHapuskeren dan bermanfaat sekali artikelnya✨
BalasHapusIh aku suka bgttttt
BalasHapuskeren & informatif bgt!
BalasHapusBagus nih infonya, thx kak
BalasHapuswah nambah pengetahuan tentang wirausaha nih makasih min
BalasHapusKeren min
BalasHapusKeren ka
BalasHapusJadi pengen usaha...
BalasHapuswahh keren banget
BalasHapusGood job!
BalasHapusinformatif bangett
BalasHapusterimakasih infonya!!
BalasHapusDitunggu postingan selanjutnya
BalasHapusKeren bangett👍🏼👍🏼
BalasHapusbagus sekali..
BalasHapusinformatif banget
BalasHapusInformasi nya sangat membantu kaka
BalasHapusKeren bgt ! -nad
BalasHapus